Kamis, 05 Maret 2015

Pengertian Organisasi, Komunikasi, dan Komunikasi Efektif

I. PENGERTIAN ORGANISASI

Menurut beberapa para ahli, pengertian dari organisasi adalah sebagai berikut:
Stoner 
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Chester I. Bernard
Organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen P. Robbins
Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Namun dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah kumpulan dari manusia yang terkoordinasi dengan suatu sistem kerja untuk memenuhi suatu tujuan bersama.


II. PENGERTIAN, JENIS, DAN PROSES KOMUNIKASI

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi oleh suatu pihak ke pihak lain secara langsung maupun melalui media.

Ada beberapa jenis dari komunikasi, yaitu :

Komunikasi menurut penyampaiannya
1. Komunikasi lisan yaitu proses komunikasi yang terjadi secara langsung tanpa batasan jarak atau kedua pihak bertatap muka langsung.

2. Komunikasi tertulis yaitu proses komunikasi yang dilakukan melalui surat untuk sebuah maksud tertentu.

Komunikasi menurut kelangsungannya
1. Komunikasi langsung yaitu proses komunikasi yang dilakukan tanpa adanya bantuan perantara.

2. Komunikasi tidak langsung yaitu proses komunikasi yang dilakukan melalui pihak ketiga atau media.

Komunikasi menurut perilaku
1. Komunikasi formal yaitu komunikasi yang terjadi antar anggota dalam sebuah organisasi yang tata caranya telah diatur dalam struktur organisasinya.

2. Komunikasi informal yaitu komunikasi yang dilakukan dalam anggota organisasi yang tidak ditentukan oleh struktur organisasi tersebut.

3. Komunikasi nonformal yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi.

PROSES KOMUNIKASI

Secara singkat, proses komunikasi dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Komunikator bermaksud untuk memberikan pesan kepada pihak lain baik berupa informasi maupun simbol-simbol yang dimengerti oleh kedua pihak.

2. Pesan tersebut disampaikan secara lisan maupun melalui media perantara.

3. Komunikan (pihak kedua) menerima pesan tersebut dan menerjemahkannya agar dimengerti oleh komunikan tersebut.

4. Komunikan memberikan umpan balik atau tanggapan atas pesan yang diterimanya tersebut kepada sang pengirim.


III. KOMUNIKASI EFEKTIF

Yang dimaksud dengan komunikasi efektif adalah tersampaikannya sebuah pesan dengan cara yang baik dan dengan kontak sosial yang baik juga.

Ada 5 prinsip dalam berkomunikasi yang efektif, yaitu :

1. REACH, adalah rasa saling menghargai dari kedua pihak yang berkomunikasi.
2. EMPATHY, adalah kemampuan diri seseorang untuk memposisikan diri pada situasi  yang dihadapi oleh orang lain.
3. AUDIBLE, adalah pesan dapat didengar dan dimengerti oleh pihak lain.
4. CARE, adalah hal apa yang diberikan oleh komunikan sehingga pihak lain merasa  diperhatikan.
5. HUMBLE, adalah adanya rasa rendah hati dalam menyampaikan pesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peraturan dan Regulasi

Pengertian Peraturan dan Regulasi Berikut ini adalah pengertian peraturan dari berbagai sumber: TIM GRASINDO Peraturan merupaka...